ut Tips Lulus SNMPTN 2019 - Turi Production

Minggu, 03 Februari 2019

Tips Lulus SNMPTN 2019


Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menggunakan jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah hal yang diinginkan lulusan SMA/SMK/MA. Namun, kuota yang disediankan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sangat terbatas.

Persiapan yang matang menjadi kunci sukses agar kamu bisa lulus dan diterima kuliah di universitas impian. Berikut beberapa trik sederhana yang bisa di praktikkan agar bisa berhasil dalam ujian SNMPTN.

Pahami Ketentuan SNMPTN

Jika kamu sudah memutuskan untuk masuk ke perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN, maka yang harus pertama kali kamu lakukan adalah mencari tahu dan pahami tentang ketentuan apa saja yang paling berpengaruh agar lulus di SNMPTN.

Nilai Rapor

Memiliki nilai rapor yang baik merupakan menjadi salah satu kebanggaan tersendiri dan orang tua. Selain itu, nilai rapor juga sebagai acuan kamu untuk mendapatkan pendidikan lanjut yang terbaik. Nah, nilai rapor bisa menjadi faktor utama yang dilihat oleh panitia untuk lulus di SNMPTN. Tak harus sempurna, namun nilai rapor yang kamu peroleh dari semester 1 hingga 5 harus stabil. Artinya nilai rapor tidak naik-turun, meningkat lebih bagus.

Prestasi Akademik atau Non Akademik

Memiliki beberapa piagam atau sertifikat akademik atau non akademik selama di sekolah, bisa menjadi poin tambahan saat mengikuti penyeleksian masuk ke PTN. Bagi kamu yang memiliki kelebihan di bidang tertentu, manfaatkanlah untuk sering mengikuti kompetisi. Semakin banyak piagam atau sertifikat yang kamu punya, maka peluang masuk ke perguruan tinggi negeri semakin besar.

Tentukan Perguruan Tinggi Negeri dan Jurusan

Masuk ke PTN dengan jurusan yang diimpikan menjadi kebanggaan tersendiri dan keluarga. Pastikan terlebih dahulu bahwa universitas dan bidang yang kamu pilih sudah tepat dan sesuai dengan hal yang ingin kamu pelajari atau sesuai dengan cita-cita kamu.

Mencari Universitas dan jurusan memang tidak mudah, setidaknya kamu memiliki gambaran di masa depan ingin menjadi apa. Luangkan waktu untuk membuka website universitas yang kamu targetkan, membaca sekilas tentang jurusan yang kamu incar dan melihat bidang studi atau mata kuliah apa saja yang akan kamu pelajari. Dengan melakukan hal ini, kamu diharapkan bisa semakin termotivasi demi berjuang masuk di universitas idaman.

Buat Perencanaan Belajar

Untuk mempertahankan nilai rapor agar tetap stabil tidaklah mudah kalau kamu mengabaikan waktu belajar. Jika sebelumnya kamu merasa waktu belajar kamu tidak menentu, maka tidak ada salahnya kalau kamu membuat susunan rencana jam belajar yang teratur. Hal itu akan mempermudah membuka peluang kamu lulus di SNMPTN.

Disiplin menjadi kuncinya. Mau tidak mau, suka tidak suka, kamu harus berjuang dan belajar. Rencana belajar meliputi dalam 24 jam, berapa jam sekiranya kamu akan luangkan untuk fokus belajar mengerjakan soal-soal ujian? Berlatih dan berlatih akan membuat kamu semakin siap menghadapi ujian nanti.

Kurangi Eksis di Sosial Media

Eksis di sosial medial sudah menjadi konsumsi yang wajib bagi kalangan remaja. Sangat sulit rasanya untuk tidak membuka sosial media walau dalam waktu beberapa jam saja. Namun, demi lulus ujian dan masuk universitas impian, kamu harus rela mengurangi waktu online. Bayangkan berapa lama waktu terbuang sia-sia hanya sekadar melihat InstaStory di IG, atau nonton YouTube. Lebih baik alokasikan waktu untuk membaca dan belajar atau nonton video yang berkaitan dengan pelajaran kamu.

Belajar Bersama Sekalian Hangout

Kumpul atau hangout bersama teman-teman merupakan rutinitas yang tak boleh dilewatkan pada remaja zaman now. Kamu hanya menghabiskan waktu hangout bersama teman-teman tapi pas kumpul semuanya pada sibuk dengan aktifitas online. Kali ini, cobalah menjadi lebih positif dengan belajar bersama. Ajak teman-teman nongkrong kamu untuk belajar bareng di cafe favorit dan jangan lupa, gunakan waktu untuk belajar beneran ya!

Perbanyak Doa

Tidak ada hasil yang menghianati usaha. Namun, usaha tanpa adanya bantuan doa juga akan sia-sia. Berdoalah untuk hasil yang terbaik atas perjuangan kamu dalam belajar, yaitu lulusnya kamu dalam tahap SNMPTN. Selain berdoa sendiri, tidak ada salahnya juga kalau kamu meminta bantuan doa kepada orang tua dan keluarga kamu. Karena segala sesuatu yang kamu rencanakan, hanya Tuhan yang menentukan hasilnya.

Pilihan ada di Tangan Sendiri

Kesuksesan itu milik kamu dan yang menentukan adalah dirimu sendiri, bukan orang lain. Pilihan itu ada di tangan kamu sendiri, mau lulus atau tidak dalam ujian SNMPTN semua tergantung usahamu. Lakukan yang terbaik untuk dirimu dan masa depanmu, lalu serahkan hasilnya kepada Tuhan. Semangat Pejuang Ujian SNMPTN!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar