ut Ternyata Malware Bisa Menyusup Lewat Foto dalam Ponsel - Turi Production

Minggu, 10 Februari 2019

Ternyata Malware Bisa Menyusup Lewat Foto dalam Ponsel



Tim keamanan Android melalui Android Security Bulletin mengungkap sebuah celah keamanan yang terbilang tak lazim dalam hal aksesnya untuk masuk ke perangkat user. Celah tersebut menurut mereka membuat seorang hacker bisa menyusupkan malware melalui sebuah file foto berformat PNG. Sebagai informasi, PNG adalah salah satu format foto yang cukup populer. Bahkan sebenarnya lebih baik ketimbang JPG dalam hal kompresinya.

Berdasarkan laporan dalam buletin tersebut, ada celah di Android yang membuat seorang hacker untuk menyusupkan kode-kode tertentu dalam file foto. Kode malware itu akan tereksekusi ketika korban membuka foto tersebut.

Saat sudah dieksekusi, malware tersebut bisa mengakses proses utama dalam sistem operasi dan berpotensi untuk mengubah proses tersebut sesuai dengan keinginan si hacker.

Skenario ini terdengar menakutkan. Namun untungnya, celah ini sudah bisa ditambal oleh tim keamanan Android, yang disertakan dalam pembaruan Security Android bertanggal 2019-02-05.

Untungnya tim keamanan Android juga tak menjelaskan lebih lanjut bagaimana cara mengeksploitasi celah ini. Pasalnya tak semua pengguna Android bisa mengakses pembaruan keamanan itu secara langsung.

Setiap sistem operasi -- dalam hal ini yang dipakai di ponsel -- sejatinya memang wajib mendapat pembaruan keamanan secara reguler. Pasalnya, setiap saat ada saja celah keamanan yang muncul dan bisa membahayakan keamanan data pengguna seperti malware yang dijelaskan di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar