ut Kehujanan Dapat Menimbulkan Flu, Benar Gak Sih? - Turi Production

Sabtu, 09 Februari 2019

Kehujanan Dapat Menimbulkan Flu, Benar Gak Sih?



Banyak yang beranggapan kalau kehujanan bisa menyebabkan seseorang terserang flu. Faktanya, flu tidak disebabkan oleh kehujanan, tapi flu disebabkan oleh virus. Menunurut Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi "Sakit flu disebabkan oleh infeksi virus akut yang biasanya dapat sembuh sendiri. Terjadinya di saluran pernapasan bagian atas yang melibatkan hidung, sinus, faring, dan laring. Virus ini menyebar melalui kontak tangan dengan sekresi dari orang yang terinfeksi langsung ataupun tidak langsung," ujarnya.

Virus tersebut bisa dengan mudah menyerang saat daya tahan tubuh seseorang sedang menurun. Jadi, meskipun tidak kehujanan, jika daya tahan tubuh menurun, flu bisa tetap menyerang.

"Secara umum faktor-faktor yang menyebabkan tubuh rentan terkena sakit berkaitan dengan faktor host (intrinsik), agent (virus, bakteri), dan lingkungan. Lingkungan dengan cuaca yang dingin seperti saat kehujanan membuat daya tahan tubuh menurun," lanjut dr. Helmin.

Saat terserang flu, ungkap dr. Helmin, ada beberapa gejala yang akan dirasakan. Gejala tersebut di antaranya demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, bersin-bersin, hidung tersumbat, pilek, batuk, dan lemas.

Agar terhindar dari flu, dr. Helmin menyarankan untuk mencuci tangan dengan sabun ataupun menggunakan desinfektan. Gunakan juga tisu atau sapu tangan, sarung tangan dan masker. Tindakan ini, menurutnya, dapat mengurangi risiko menderita atau menularkan infeksi salurang pernapasan bagian atas.

"Satu penelitian menunjukkan kumur-kumur dengan 20 ml air selama 15 detik diulang 3 kali dan dilakukan 3 kali sehari dapat membantu mengurangi risiko sakit flu," sambungnya.

Namun jika merasa gejala-gejala flu mulai menyerang, dr. Helmin menganjurkan untuk segera minum obat yang tepat. Sebab, jika langsung minum obat, flu bisa teratasi dengan cepat. Jangan sampai gejala flu dibiarkan dan malah mengabaikan minum obat karena bisa membuat flu semakin parah.

Salah satunya obat yang bisa dikonsumsi untuk meredakan gejala flu adalah Mixagrip Flu. Obat ini bisa meringankan gejala-gejala flu seperti demam, bersin-bersin, hidung tersumbat, dan sakit kepala. Namun jika gejala flu disertai dengan batuk, minumlah Mixagrip Flu dan Batuk yang bisa sekaligus meredakan refleks batuk. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar