ut Pecel Paling Enak Di Kediri - Turi Production

Kamis, 24 Januari 2019

Pecel Paling Enak Di Kediri



Berbicara soal wisata kuliner yang ada di Kabupaten atau Kota Kediri, apa yang akan terlintas pertama kali di benak Anda? Mungkin sebagian orang akan menjawab tahu kuning yang memang menjadi khas dari Kota Kediri ini, atau ada lagi yang akan menyebutkan gethuk pisang yang juga menjadi camilan khas kota tahu ini. Namun sebenarnya ada kuliner khas kediri lainnya yang juga mempunyai rasa yang tak kalah enak yaitu pecel Kediri.

Kenapa kok nasi pecel? Mungkin ada sebagian dari orang menganggap bahwa nasi pecel adalah makanan khas juga dari Madiun. Tidak salah memang, namun terdapat perbedaan antara pecel Kediri dan juga pecel Madiun.

Jika pada umumnya pecel adalah sambal kacang yang dibuat dari bumbu – bumbu lainnya, yang ditaburkan di atas nasi putih hangat yang telah terdapat sayuran serta rempeyek yang dihancurkan, maka pecel dari daerah Kediri terdapat satu hal lagi yang tidak boleh dilewatkan yaitu sambal Tumpang.

1. Pecel Tumpang

Pecel Tumpang adalah kuliner khas pecel yang berasal dari daerah Kediri. Pecel tumpang merupakan pecel sayur yang di atasnya ditambah dengan sambal tumpang. Sambal tumpang sendiri adalah sambal yang terbuat dari tempe semangit yang dimasak dengan santan, cabe dan bumbu lainnya sehingga mempunyai cita rasa yang gurih dan pedas. Gurih dan pedasnya sambal yang berpadu pada pecel sayur akan memberikan rasa yang mantap.

Anda tidak akan mempunyai kesulitan untuk menemukan nasi pecel di area Kediri. Baik dimulai dari gang kecil, desa, kota dan pelosok Kediri pun akan mudah menemukan makanan yang satu ini. Harganya pun terbilang sangat terjangkau mulai dari Rp.4000 – Rp.12.000 tergantung dari tambahan lauk yang Anda inginkan. Pecel kediri yang paling terkenal adalah pecel gumun, pecel semanding, pecel jombangan, pecel pancaran, pecel tretek dan pecel Mbok Pawoh (namun kini sudah tidak berjualan). Semua nama tadi berdasarkan pada nama daerah yang ada di Kediri.

2. Pecel Madiun

Jika dilihat dari nama, maka tak heran jika pecel yang satu ini memang berasal dari Madiun. Tapi, tidak mengartikan jika Anda tidak bisa menemukannya di Kediri lo!

Pecel yang memang menjadi ikon dari kuliner pecel sayur Indonesia ini menjadi hidangan yang cukup tersebar di hampir seluruh pulau Jawa. Yang menjadi khas dari pecel Madiun ialah menggunakan sayuran rebus dengan tambahan spesial daun kemangi dan petai cina (kentoro). Campuran tersebut dijamin akan memberikan nuansa keharuman masakan yang khas dan ditambah bungkus nasi yang masih menggunakan daun dibentuk pincuk semakin menggugah selera makan Anda.

Jika menginginkan lauk maka tersedia gorengan seperti tempe, tahu, rempeyek, paruh, ote-ote, telur mata sapi dll.

3. Pecel Bledek

Pecel Bledek sebenarnya adalah makanan yang berasal dari daerah Nganjuk, namun tidak ubahnya seperti pecel yang sebelumnya disebutkan yaitu bisa ditemukan di Kediri, sehingga namanya menjadi pecel Kediri karena berada di Kota Kediri.

Sesuai dengan namanya Bledek mengartikan jika sambal yang digunakan pada pecel sayur ini mempunyai rasa yang sangat pedas. Bagi yang menyukai dan memang gemar makanan pedas, ini menjadi kuliner yang wajib Anda coba. Tapi, untuk Anda yang tidak suka pedas, bisa mengimbanginya dengan aneka lauk yang tersedia bersama serundeng kering yang mempunyai rasa manis plus minuman hangat yang akan meredakan rasa panas di dalam mulut.

4. Pecel Ponorogo

Pecel yang disajikan menggunakan trancam (irisan dadu kecil sayur timun mentah) menjadi salah satu komponen yang wajib ada. Irirsan kol, kacang panjang, tauge, parutan kelapa, timun dan tambahan bumbu dari trancam yang mempunyai rasa pedas gurih mampu membuat rasa yang pas di dalam mulut. Namun, ada juga trancam yang digunakan hanya berupa irisan timun yang bentuk dadu kecil – kecil. Kuliner ini akan semakin lezat jika bersanding dengan tempe mendol, mendoan, tempe kepleh, telur goreng, rempeyek hingga wader.

5. Pecel Punten

Yang berikutnya bisa ditemukan di Kediri adalah pecel punten. Mendengan kata “Punten” mungkin sebagian dari Anda menyangka jika ini makanan khas Sunda. Tapi sayangnya Anda salah, daerah asal pecel Kediri yang satu ini adalah Tulungagung.

Nama “punten” berasal dari kata beras putih dan santen (santan). Bentuknya hampir menyerupai ketupat yang bentuknya persegi namun mempunyai rasa yang lebih kuat yaitu wangi dan gurih sehingga mampu menggugah selera. Konon, jika resep dari pecel ini didapatkan secara turun-temurun di desa Donomulyo dan memang menjadi menu keseharian di derah tersebut. Jika di pecel lainnya menggunakan aneka sayur, pecel yang satu ini terbilang lebih sederhana dengan hanya menggunakan kangkung, daun ketela, tauge dan daun lembayung.

6. Pecel Ndeso

Nama ndeso yang melekat bukan mengartikan jika makanan ini kampungan ya!  Pecel yang satu ini mempunyai keunikan dibandingkan pecel lainya. Di daerah asalnya yaitu Solo, nasi pecel ini menggunakan beras merah dan untuk bumbu pecel atau kacangnya menggunakan wijen hitam sehingga dari segi tampilan pun sudah sangat berbeda dengan pecel Kediri yang telah disebutkan sebelumnya.

7. Pecel Kecombrang

Dari namanya saja Anda pasti sudah menebak, jika nasi pecel ini menggunakan tambahan kecombrang pada sayurannya. Sehingga ada sensasi asam dari bunga kecombrang yang ditabur diatasnya. Mungkin nasi pecel yang satu ini akan sedikit susah untuk ditemukan. Karena di daerah asalnya yaitu Purwokerto, pecel ini pun hampir langka sehingga Anda perlu busukan agar bisa menjumpainya.

8. Pecel Ketupat Pical

Pecel yang satu ini mempunyai penampakan yang berbeda dengan beberapa pecel yang telah disebutkan sebelumnya. Karena menggunakan tambahan mie kuning, ketupat da sayur rebus yang kemudian disiram menggunakan gulai plus sambal kacang, namun rasanya tak kalah enak dari pecel lainnya.

9. Pecel Bunga Turi

Pecel bunga turi adalah kuliner khas pecel yang sayurannya menggunakan bunga turi rebus. Aroma khas turi dan wanginya akan memberikan sensasi saat akan disantap sehingga memberikan kesan tersendiri. Meskipun mempunyai sedikit rasa pahit, bunga turi mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan juga lo jadi jangan ragu untuk mencicipinya.

10. Pecel Kenci

Pecel yang terakhir disampaikan ini mungkin agak asing. Kenci merupakan nama sebuah sayuran yang mempunyai karakter renyah meskipun telah direbus. Bentuknya hampir serupa dengan selada, disajikan dengan rebusan daun singkong, irisan daun kubis serta kecambah maka pecel ini telah siap untuk mengenyangkan perut Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar