ut Bedanya Orang yang Peduli Vs Cuma Kepo, Hati-hati kalau mau cerita - Turi Production

Jumat, 21 Desember 2018

Bedanya Orang yang Peduli Vs Cuma Kepo, Hati-hati kalau mau cerita



Halo sobat turiproduction.com, kaliaan pasti pernah mendapatkan teman yang terlihat peduli tetapi mereka sebenarnya orang yang kepo. Kita memang harus selektif dan peka terhadap orang di sekitar. Jangan terlalu naif dan menganggap semua orang itu baik. Nyatanya banyak orang yang ingin memanfaatkan orang lain demi kepentingannya sendiri. Di luar dia terlihat peduli padahal sebenarnya hanya ingin mengambil keuntungan.

Berikut ini beberapa perbedaan antara orang yang peduli vs orang yang lagi kepo.

1. Orang peduli akan bertanya karena memang dia ingin mengerti kondisimu. Mereka yang kepo bertanya hanya untuk mengumpulkan informasi yang bakal disebarkan.

Mereka yang peduli tidak memiliki maksud tersembunyi. Mereka bertanya karena ingin mengerti kondisi yang terjadi pada dirimu dan berusaha membantu. Hal ini bertolak belakang dengan mereka yang kepo. Orang-orang ini bertanya padamu hanya untuk memuaskan rasa ingin tahu mereka atau parahnya hanya untuk disebarkan lagi.

2. Mereka yang peduli bakal memberimu pilihan untuk mau bercerita atau tidak. Orang kepo berusaha sekuat tenaga untuk menggali informasi saja.

Orang yang peduli tidak akan memaksamu untuk bercerita secara detail tentang apa yang terjadi pada dirimu. Mereka memberimu pilihan untuk bercerita atau tidak. Hal ini sangat berbeda dengan orang kepo yang berusaha menggali informasi dengan berbagai cara.

3. Peduli membuat orang-orang ini tetap care walaupun kamu tidak mempunyai masalah sekalipun. Orang kepo hanya datang dan bertanya ketika kamu tertimpa musibah.

Ini ciri utama peduli dan kepo. Orang yang kepo bakal tetap peduli meskipun kamu gak sedang menghadapi masalah sekalipun, karena pada dasarnya orang ini berhati baik. Namun, orang kepo hanya akan datang mendekat ketika kamu tertimpa musibah saja. Mereka mengambil keuntungan dari cerita sedih yang kamu berikan.

4. Orang peduli tidak bakal tahu kegiatan/kebiasaanmu secara rinci. Berbeda dengan orang kepo yang tahu setiap detail aktivitasmu.

Kalau kamu ingin mengetes apakah temanmu kepo atau peduli, caranya gampang. Orang yang peduli tidak bakal hafal kegiatan atau kebiasaanmu. Berbeda dengan orang kepo yang hafal betul aktivitas atau kebiasaanmu, bahkan secara rinci. Ngeri bukan?

5. Peduli membuat orang ini otomatis membantu ketika ada yang butuh bantuan. Beda sekali dengan orang kepo yang sama sekali gak ada keinginan membantu.

Sifat peduli itu tidak  mengenal waktu. Orang yang punya sifat ini bakal otomatis membantu ketika ada sesama yang butuh bantuan. Pasalnya, sifat peduli membuat naluri mereka aktif dan langsung memberikan bantuan saat itu juga. Sangat berbeda dengan orang kepo. Mereka sama sekali tidak mempunyai keinginan untuk meringankan beban sesamanya.

6. Orang peduli mencampuri urusan orang lain tanpa ada keinginan selain membuat orang yang dibantu merasa lebih baik. Orang kepo mencampuri urusan orang karena ada maksud tersembunyi.

Hanya satu tujuan orang peduli, mereka membantu orang lain hanya karena ingin meringankan beban sesama. Mereka ingin membuat orang yang dibantu merasa lebih baik. Berbeda 180 derajat dengan orang kepo. Mereka gemar mencampuri hidup seseorang karena punya maksud tersembunyi.

7. Peduli membuat orang ini berusaha mengerti. Sangat berbeda dengan orang kepo yang ingin tahu segala hal.

Perbedaan orang peduli dan kepo itu sebenarnya sangat kentara. Orang peduli bakal berusaha mengerti si lawan bicara. Mereka bakal memposisikan diri supaya orang yang dipedulikan merasa nyaman. Berbeda dengan orang kepo yang sama sekali tidak peduli dengan hal itu. Hanya satu tujuan mereka, yaitu ingin tahu segala hal tanpa peduli perasaan orang yang diajak berbicara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar