ut Kue Lompong Hitam Manis Legit - Turi Production

Selasa, 03 Juli 2018

Kue Lompong Hitam Manis Legit



Kenyal dan manis legit. Itulah rasa yang muncul dari makanan khas Kutoarjo, Jawa Tengah yakni kue lompong.

Sekilas dari luar, kue lompong ini tak tampak seperti jajanan kue pasar lainnya yang berwarna cerah. Kue lompong berwarna hitam legam. Namun, ketika dibelah, kue lompong memiliki isi berwarna coklat.

Kue lompong dibuat dari bahan-bahan seperti batang daun talas atau lompong, tepung merang, tepung ketan, dan gula pasir. Sementara, isinya dari tumbukan kacang tanah.

Kalau masih panas, kue lompong itu memang kenyal, kalau dingin gak lembek atau kenyal. Kue lompong dimasak dengan cara dikukus. Cara membuat kue lompong itu gampang-gampang susah.

Batang daun talasnya itu dibakar. Nah, kalau saya beli yang sudah jadi bubuk. Warna hitamnya dari tepung merang

Batang talasnya didapatkan dari penduduk yang tinggal di sekitar Kutoarjo. Warga setempat biasanya juga bisa mendapatkan bubuk daun batang talas di pasar-pasar di Kutoarjo.

Kemudian, tepung ketan diberi air, gula, bubuk daun talas, dan bubuk merang. Adonan tersebut lalu diaduk dan diberi minyak kelapa atau goreng agar tak lengket saat dikukus.

Adonan kue lompong dikukus dengan bungkus daun pisang kering atau klaras. Adonan kue lompong dengan isi kacang tanah itu dikukus selama kurang lebih dua jam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar