ut Manfaat makanan sehat dan bergizi bagi tubuh - Turi Production

Senin, 25 Juni 2018

Manfaat makanan sehat dan bergizi bagi tubuh





1. MENINGKATKAN SISTEM IMUN DALAM TUBUH


Jika Anda ingin meningkatkan sistem imun dalam tubuh, mulai sekarang perhatikan menu makanan yang Anda konsumsi. Untuk mewujudkannya, sebaiknya Anda mengonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah yang cukup bagi tubuh. Mengapa demikian? Karena buah dan sayuran memiliki khasiat serta banyak vitamin yang terkandung didalamnya, sehingga akan membentuk sistem kekebalan tubuh yang jauh lebih baik. Salah satu jenis vitamin yang penting untuk dikonsumsi adalah vitamin C.

Vitamin C ditemukan pada beragam jenis buah-buahan, seperti jeruk, mangga, strawberry dan buah kiwi. Sayuran yang mengandung vitamin C juga dipercaya akan menyehatkan tubuh serta menghindarkan Anda dari berbagai penyakit.

2. MEMBUAT TUBUH TERASA LEBIH SEGAR

Selain bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh, rutin mengonsumsi makanan sehat dan bergizi juga dipercaya mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat dan segar. Dengan demikian, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas setiap hari dengan lancar tanpa merasakan lelah yang berarti.

Selain itu, kondisi tubuh yang selalu dalam keadaan sehat dan segar, maka akan meningkatkan produktivitas harian Anda.

3. MENURUNKAN BERAT BADAN

menyehatkan dan bergizi, mengonsumi buah-buahan dan sayuran mengandung kalori rendah dan bebas lemak sehingga sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan.
Mengonsumsi beragam buah dan sayuran menjadi makanan yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

Cara ini dinilai cukup ampuh dalam upaya program penurunan berat badan, selain itu juga tidak membutuhkan biaya yang banyak untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

4. MENCEGAH DAN MENGOBATI PENYAKIT KANKER

Kanker menjadi salah satu mesin pembunuh mematikan di dunia. Pada tahun 2012 lalu, menurut catatan WHO, setidaknya kanker tercatat sebagai salah satu dari 20 macam penyakit yang paling mematikan di dunia. Dan diperkirakan dalam 20 tahun ke depan, jumlah pengidap kanker bisa meningkat hingga mencapai 70%.

Untuk mencegah berkembangnya sel kanker di dalam tubuh, Anda bisa mencoba untuk rutin mengonsumsi buah dan sayuran yang dipercaya mampu untuk memperbaiki sel-sel di dalam tubuh. Terutama jenis buah-buahan yang berwarna ungu dan merah. Buah ini mengandung lycopene (likopen) dan anthocyanin (antosianin) dalam jumlah yang cukup tinggi. Kedua zat ini memiliki khasiat antioksidan yang kuat. Antioksidan sangat penting untuk menjaga kesehatan jaringan dan organ karena berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh.

Buah-buahan yang baik untuk mencegah sel kanker adalah  tomat, delima, anggur, berry (strawberry, blueberry, cranberry, raspberry dan jenis berry lainnya), buah naga, nanas dan sirsak.

5. MENGENDALIKAN TEKANAN DARAH DALAM TUBUH
Sebuah laporan kesehatan yang dikeluarkan oleh National Heart, Lung and Blood Institute pada tahun 2002 dan 2003 silam, memberikan saran bahwa penyesuaian gaya hidup dapat membantu mencegah dan mengobati hipertensi. Para ahli sepakat bahwa  langkah pertama yang sebaiknya dilakukan untuk mencegah dan mengontrol tekanan darah tinggi adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Ketika tekanan darah Anda tinggi, Anda berisiko lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung, gagal ginjal, stroke dan berbagai penyakit serius lainnya. Zat yang dipercaya ampuh untuk menyeimbangkan tekanan darah dalam tubuh adalah potasium atau disebut juga kalium.

Potassium merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk rutin mengonsumsi makanan sehat dan bergizi yang mengandung potassium cukup tinggi.

Dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung potassium tinggi, akan membantu untuk menyeimbangkan tekanan darah di dalam tubuh, sehingga tekanan darah akan selalu stabil.

6. MELANCARKAN PENCERNAAN

Rutin mengonsumsi makanan sehat dan bergizi juga mampu membuat sistem pencernaan menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan kandungan serat di dalam makanan sehat dan bergizi membantu melancarkan proses metabolisme di dalam tubuh, sehingga buang air besar pun menjadi lebih lancar.

Oleh karenanya, bagi seseorang yang sulit untuk buang air besar, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi serat yang terkandung di dalam buah dan sayuran agar feses menjadi lunak dan mudah untuk dikeluarkan (BAB menjadi lancar).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar