ut Keutamaan Ramadhan di 10 Hari Kedua - Turi Production

Rabu, 06 Juni 2018

Keutamaan Ramadhan di 10 Hari Kedua



Tidak terasa 10 hari pertama bulan Ramadhan telah kita lalui. Kini kita sudah menginjak pada pertengahan bulan puasa atau 10 hari kedua di bulan puasa atau fase pertengahan.

Hari ke 15 bulan puasa Ramadhan. Ini merupakan hari-hari dimana fase transisi semangat, yaitu antara menurunnya semangat karena euforia Ramadhan di 10 hari pertama sudah usai serta sedikit timbulnya euforia menjelang Lebaran.

Di 10 hari kedua bulan puasa Ramadhan ini merupakan hari-hari yang sulit dimana pada saat-saat seperti ini masjid dan musala mulai kehilangan sebagian besar jemaahnya.

Para jemaah sudah mulai memenuhi pasar-pasar atau mal-mal untuk mempersiapkan keperluan 1 Syawal. Inilah fenomena yang sudah menjadi kebiasaan di Indonesia saat bulan puasa Ramadhan.

Padahal, kalau kita lihat keberkahan atau pahala yang dijanjikan oleh Allah bagi yang bisa melalui 10 hari pertama bulan Ramadhan, dilanjutkan 10 hari kedua, pahalanya atau keutamaannya adalah dibukanya pintu pengampunan Allah seluas-luasnya.

Ini didasarkan pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah yang artinya seperti ini: "Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, dimana Ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Awal bulan Ramadhan adalah rahmah, pertengahannya maghfirah dan akhirnya itqum minan nar.”

Nah, masih sesuai hadis tersebut, di fase kedua ini keutamaan bulan puasa Ramadhan adalah maghfiroh yang kata dasarnya dari kata bahasa arab ghofaro yang berarti ampunan atau pengampunan.

Bagi siapapun yang bisa melewati bulan puasa Ramadhan ini hingga fase kedua, insyaallah bisa mendapatkan ampunan yang tidak akan diperoleh di bulan-bulan yang lain.

Makanya, melihat pahala dan keutamaan bulan puasa Ramadhan yang begitu besar, sangat disayangkan apabila sampai ditinggalkan, jangan sampai kita melewatkan hari-hari penuh ampunan yang telah dijanjikan oleh Allah SWT dengan sia-sia.

Pada waktu-waktu inilah saat yang paling tepat untuk memperbanyak doa serta memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa-dosa yang telah kita lakukan di masa lalu agar diampuni dan dibebaskan dari hukuman.

Karena keutamaan 10 hari kedua adalah bulan maghfirah maka perbanyaklah melakukan salat malam, berdoa , tilawah Qur'an dan berzikir karena pada 10 hari kedua Ramadhan ini merupakan kesempatan yang diberikan oleh Allah SWT untuk mengurangi dosa-dosa yang telah kita perbuat.

Dengan memohon ampunan dengan tulus dan bersungguh-sungguh serta bertobat dari hati yang terdalam insya Allah pasti mendapatkan ampunan-Nya.

Dikutip dari sumber lain, Nabi Muhammad SAW telah mengajarkan kepada umatnya doa khusus yang bisa diamalkan di 10 hari kedua bulan puasa Ramadhan ini agar dosa-dosa kita diampuni Allah, dibaca dari hari ke 11 hingga ke 20.

Berikut ini doanya:

Allahummagfirli dzunuubi ya robbal ‘alamiin.

Artinya, ya Allah ya Tuhanku, ampunilah dosa-dosaku wahai Tuhan Pencipta Semesta Alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar