ut Berikut 5 Masjid di Dunia dengan Desain Unik dan Menarik - Turi Production

Rabu, 06 Juni 2018

Berikut 5 Masjid di Dunia dengan Desain Unik dan Menarik



Bulan Ramadan adalah momen yang pas untuk fokus beribadah memohon ampunan pada Allah. Berdoa kepada Sang Kuasa akan jauh lebih sempurna jika dilakukan di masjid.

Masjid adalah tempat terbaik untuk memohon kepada Allah. Kegiatan ibadah seperti salat juga akan jauh lebih khusyuk jika dikerjakan di masjid, apalagi masjid dengan desain atau arsitektur yang indah dan unik.

Berikut beberapa masjid di dunia yang punya arsitektur bangunan yang unik dan indah.

1. Masjid Faisal (Islamabad, Pakistan)

Masjid Faisal yang terletak di Islamabad, Pakistan ini memiliki bentuk yang sangat unik. Menariknya, masjid ini juga dikelilingi oleh pemandangan perbukitan yang begitu hijau dan indah. Masjid Nasional Pakistan ini berdiri megah di bawah Bukit Margala, kaki bukit yang paling barat dari Pegunungan Himalaya.
Jika dilihat secara sepintas, menara-menara yang berada di pinggiran masjid ini hampir menyerupai roket atau pesawat luar angkasa. Anda mungkin tak akan mengira jika bangunan unik ini merupakan tempat ibadah umat Muslim lantaran tak ada kubah seperti masjid pada umumnya. Rupanya, bentuk Masjid Faisal terinspirasi dari tenda suku Bedouin Arab.

Masjid Hassan II (Casablanca, Maroko)


Istana di atas lautan. Itulah kalimat yang pas untuk menggambarkan Masjid Hassan II di Casablanca, Maroko ini. Masjid megah nan indah yang dibagun pada 1980 ini merupakan rancangan arsitek berkebangsaan Perancis, Michel Pinseau.

Hassan II merupakan masjid terbesar ketiga setelah Masjid Al-Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah. Masjid yang terletak di tengah laut ini mampu menampung sekitar 25 ribu jemaah di bagian dalam dan 80 ribu pada bagian luar.

Masjid Lala Tulpan (Rusia)
 



 
Jika menyebut masjid paling modern, Lala Tulpan atau Lala Tulip di Rusia wajib masuk ke dalam daftar. Bunga tulip yang mekar, itulah arti dari nama masjid ini.
Masjid yang terletak di Ufa, Boshkortostan, Rusia ini merupakan salah satu yang terbesar di Rusia. Disebut Lala Tupip lantaran menara kembar masjid setinggi 53 meter memang menyerupai bunga tulip. Masjid modern yang dibangun antara 1990 dan 1998 ini bisa menampung sekitar seribu jemaah.

Masjid Kul Sharif (Rusia)
 


Selain Lala Tulpan, satu lagi masjid di Rusia yang memiliki desain unik dan menarik, yakni Kul Sharif. Masjid dii Kazan ini dibangun di lokasi kuil menara masjid legendaris, yang dihancurkan oleh Ivan Grozny selama kampanye militernya pada 1547 – 1552.

Masjid dengan enam menara setinggi 55 meter ini merupakan bagian dari Kompleks Arsitektur dan Sejarah Kremlin Kazan, yang dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia pada 2000. Masjid ini bisa menampung sekitar 1.500 orang. Sementara 10 ribu lainnya bisa ditampung di alun-alunnya.

Masjid Raya Xi'an (Cina)
 


Negeri Tirai Bambu Cina juga memiliki sebuah masjid yang sangat unik dan menarik, Masjid Raya Xi'an namanya. Masjid ini tak biasa lantaran memiliki desain seperti kuil khas Cina. Masjid yang terletak di kota Chang’an yang kini lebih dikenal dengan kota Xi’an ini merupakan tempat ibadah umat Islam pertama berdiri dan jadi masjid terbesar di Cina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar