ut 6 Cara Perlakukan Jerawat Dengan Benar - Turi Production

Minggu, 10 Juni 2018

6 Cara Perlakukan Jerawat Dengan Benar



Masalah jerawat adalah masalah kulit yang menjengkelkan. Bukan hanya bagi wanita, para pria pun pasti merasa terganggu dengan kehadiran jerawat ini. Apalagi jika besoknya Anda akan menghadapi hari yang telah dinanti. Pasti akan sangat menjengkelkan jikalau sang jerawat tiba-tiba hadir.

Beberapa alternatif cara merawat jerawat pun kian bermunculan. Namun sayangnya tidak semua cara ini berhasil sesuai dengan harapan. Menurut the guardian yang dilansir alagraph berikut beberapa cara tepat perlakukan jerawat.

1. Jangan dipencet

Memencet jerawat adalah hal yang paling haram dilakukan. Namun sayangnya, karena tangan yang nakal biasanya kita tidak tahan menahan hasrat memecahkan jerawat.

Padahal memencet dapat menyebabkan tanda pigmentasi permanen yang menghitam atau jaringan parut. Jerawat adalah hasil dari sel-sel kulit mati, bakteri dan minyak alami yang menghalangi folikel rambut di kulit.

2. Gunakan produk yang sensitif

Bagi wanita yang suka menggunakan make up  namun memiliki kulit yang sensitif nampaknya Anda harus berhati-hati. Menggunakan make up dan produk kosmetik akan menghalangi pori-pori Anda dan memperburuk masalah.

Cobalah gunakan produk yang memang diformulasikan untuk kulit sensitif dan tidak menyebabkan komedo dengan memblokir pori-pori. Mencuci muka terlalu sering juga ternyata tidak baik bagi yang memiliki jerawat.

Mencuci lebih dari dua kali sehari dapat mengeringkan, merangsangnya untuk menghasilkan lebih banyak minyak.

3. Pilih makanan rendah glikemik

Jika Anda mengira coklat dan kacang goreng salah satu makanan penyebab jerawat namun tidak menurut sebuah studi. Penelitian telah menunjukkan bahwa kelebihan insulin dari makanan dengan indeks glikemik tinggi, seperti pasta dan roti, dapat meningkatkan kadar hormon pemicu minyak yang menyebabkan jerawat.

Konsumsilah makanan rendah glikemik seperti gandum utuh dicerna lebih lambat dan menyebabkan lonjakan insulin berkurang.

4. Retinoid

Salah satu perawatan jerawat yang paling efektif adalah krim yang mengandung retinoid. Meskipun Anda mungkin tidak melihat hasil langsung selama beberapa minggu.

Kulit mengubah retinol menjadi asam retinoat yang membantu mencabut folikel yang tersumbat. Retinoid mengandung bahan seperti asam salisilat, yang dengan lembut mengelupas untuk membuka pori-pori.

Tapi hati-hati, terlalu sering menggunakan retinoid dan benzoyl peroxide dapat mengiritasi kulit Anda.

5. Antibiotik

Untuk jerawat yang parah, dokter mungkin juga akan meresepkan antibiotik jangka pendek, seperti tetrasiklin. Antibiotik diberikan untuk membunuh bakteri kulit berlebih dan mengurangi peradangan.

Penelitian telah menyarankan minum antibiotik bersama dengan benzoyl peroxide untuk mengurangi risiko resistensi antibiotik.

6. Perawatan hormonal

Jika jerawat Anda dianggap berhubungan langsung dengan perubahan hormon daripada infeksi, Anda mungkin diresepkan obat seperti spironolactone.

Meskipun spironolactone adalah salah satu perawatan hormonal yang paling dapat diandalkan untuk jerawat. Namun masih belum jelas apakah spironolactone aman digunakan selama kehamilan atau tidak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar