ut 15 Destinasi Wisata Populer di Sulawesi Barat - Turi Production

Sabtu, 02 Juni 2018

15 Destinasi Wisata Populer di Sulawesi Barat



Sulawesi Barat memiliki banyak sekali destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata pantai, wisata budaya hingga wisata kuliner semuanya memiliki daya tarik dan keunikan masing-masing. Dengan pengembangan setiap tahunnya tempat wisata di Sulawesi Barat semakin menarik dan dikenal banyak wisatawan. Nah, bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan wisata di propinsi penghasil kakao ini, wajib menyimak tempat wisata berikut ini.

1. Pantai Manakarra
Pantai Manakarra terletak di Kota Mamuju, merupakan tempat wisata yang selalu dipadati pengunjung setiap harinya. Pantai ini sangat cocok bagi Anda yang ingin bersantai melepas lelah sambil menikmati pemandangan pantai. Saat sore dan malam hari kebanyakan yang datang adalah pemuda pemudi yang berkumpul bersama teman-temannya. Banyaknya penjual camilan dan juga kios memudahkan pengunjung jika membutuhkan sesuatu saat berada di pantai ini.

2. Pulau Karampuang
Dengan luas 6 km persegi Pulau Karampuang menyimpan kekayaan biota laut yang sangat indah. Terdapat dermaga kayu yang dibangun dari tepi pantai menjorok ke laut sepanjang 500 meter. Di pulau ini terdapat sumur tiga rasa yang lebih dikenal dengan nama sumur jodoh. Di sini juga terdapat Goa Lidah dengan mulut goa yang kecil namun di dalam goa cukup luas dengan dinding yang kokoh. Para pecinta snorkling wajib datang ke sini untuk menikmati pemandangan bawah lautnya yang mempesona.

3. Air Terjun Tamasapi
Air Terjun Tamasapi memiliki ketinggian hingga 75 meter, dengan air yang berasal dari sungai Tamasapi. Untuk mencapai tempat wisata tersebut kita harus berjalan kaki sejauh 1 km. Namun jarak tersebut tidak akan menyurutkan langkah kita, justru kita akan menikmati langkah demi langkah karena suasana jalan menuju air terjun sangat sejuk dan asri. Saat musin durian Anda bisa membelinya dari penduduk setempat dengan harga lebih murah. duduk santai memandang keindahan air terjun sambil menikmati durian tentu akan terasa lebih nikmat. Air terjun ini cukup deras, namun jika Anda ingin bermain air tetap bisa dilakukan di sekitar air terjun.

4. Pesta Pattudu
Pesta Pattudu bukan sebuah tempat wisata, melainkan sebuah kegiatan atau acara yang dibuat untuk anak-anak yang khatam Al-Qur’an. Acara yang juga dikenal dengan Sayang Pattudu atau kuda menari ini digelar setahun sekali saat bulan maulid. setiap daerah akan melaksanakannya masing-masing, tentu dengan jumlah peserta dan waktu yang berbeda-beda. Acara ini patut Anda lihat karena kita akan melihat sebuah keunikan yaitu anak yang telah khatam Al-Qur’an akan diarak dengan menaiki kuda.

5. Air Terjun Indo Rannuang
Air terjun ini terletak sekitar 8 km dari kota Polewali. Dengan sungai Limbong Sitodo yang mengalir di bawahnya, menjadikan pemandangan air terjun lebih indah dan alami. Di sekitar air terjun dan sungai terdapat bebatuan dan pohon-pohon yang cukup rapat, jadi suasana di sini cukup asri dengan udara yang sejuk dan segar. Air yang mengalir sangat jernih dan bersih. Anda bisa mandi atau berenang di dekat air terjun atau sekitar sungai. Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata andalan bagi pemerintah daerah setempat dikarenakan pesona alamnya yang mengagumkan.

6. Pantai Lombang-lombang
Pantai yang berada 30 km dari kota Mamuju ini memiliki keindahan pantai dan laut yang luar biasa. Hamparan pasir hitam yang halus di sepanjang pantai ini akan memanjakan kaki Anda saat berjalan di tepi pantai. Dengan ombak yang kecil kegiatan berenang akan menjadi lebih aman. Anda juga bisa melakukan snorkling atau bermain olahraga air. Beberapa fasilitas dan alat yang dibutuhkan tersedia di sana, kita cukup menyewanya dengan harga terjangkau. Saat akhir pekan pengelola pantai sering menggelar pertunjukan musik maupun pentas seni secara gratis.

7. Pantai Palippis
Pantai Palippis memiliki pesona yang luar biasa. Tidak hanya pantainya yang indah namun juga suasana alamnya yang sangat asri. Hal tersebut dikarenakan pantai ini dikelilingi perbukitan yang hijau. Di pantai ini juga terdapat batu karang yang tingginya mencapai 30-80 meter, sangat cocok untuk dijadikan lokasi panjat tebing. Ada juga goa kelelawar yang terletak di atas bukit dekat pantai, yang menjadi nilai plus dari pantai ini. Pantai berpasir putih ini terletak sekitar 2o km dari Polewali.

8. Pantai Dato
Pantai Dato memiliki pasir putih yang bersih, dengan air laut yang jernih pemandangan bawah laut dapat kita saksikan dari atas permukaan laut. Pantai ini bernuansa pantai tropis dan keasriannya masih terjaga dengan baik. Ada batu karang besar setinggi 20 meter yang bisa kita naiki, dan dari atas kita akan melihat betapa menakjubkannya pemandangan di pantai tersebut. Di puncak karang tersebut kita juga bisa menikmati momen sunset yang sangat indah. Untuk naik ke atas batu karang sudah ada tangga yang telah disediakan.

9. Pantai Mampie
Pantai Mampie sering dijadikan tujuan liburan bagi keluarga saat akhir pekan. Menghabiskan waktu bersama keluarga sambil menikmati pemandangan pantai yang indah tentu momen yang sangat berharga. Pantai ini mewakili ekosistem payau, dan masyarakat setempat memanfaatkan sebelah timur pantai ini sebagai lokasi pembudidayaan rumput laut. Lokasi pantai dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Melewati perkampungan dan hamparan sawah akan menambah keseruan saat mengunjungi pantai ini.

10. Pantai Gonda
Pantai Gonda masih terbilang baru sebagai tempat wisata, namun keindahan pantainya tidak perlu diragukan. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti snorkling, menyusuri hutan bakau, bermain dengan ikan-ikan kecil dan melihat ubur-ubur. Di pantai ini kita bisa berenang, dan bagi pemula tempat ini cukup aman untuk belajar berenang. Hanya dengan kedalaman 2-3 meter kita sudah bisa menyaksikan berbagai bentuk terumbu karang yang indah. Pihak pengelola menyediakan alat menyelam jadi Anda tidak perlu repot membawanya dari rumah.

11. Air Terjun Limbong Kamandang
Air terjun ini terletak sekitar 35 km dari Kota Polewali, dengan pemandangannya yang eksotis tak heran bila tempat wisata ini selalu diminati wisatawan. Tidak hanya air terjun yang bisa kita nikmati, namun terdapat agrowisata dimana kita bisa mendapatkan buah-buahan segar saat berkunjung ke sini. Ada tiga desa yang akan kita lewati saat menuju kawasan air terjun. Desa tersebut yaitu Desa Riso, Desa Kalimbua, hingga sampai ke Desa Kurra.

12. Pantai Labuang
Pantai Labuang memiliki jajaran batu karang yang besar, membentang dari barat ke timur dengan bentuk yang sangat alami. Batu karang tersebut masih berhubungan dengan batu karang yang ada di Pantai Palippis, hanya saja keduanya terletak di kecamatan yang berbeda. Pantai Labuang sangat cocok bagi para pemburu sunset, karena di sini pemandangan saat matahari tenggelam terlihat sangat indah. Di beberapa batuan terdapat cekungan yang cukup dalam, kita bisa menyusurinya namun harus rela jika baju menjadi basah.

13. Pulau Gusung Toraja

Pulau Gusung Toraja memiliki pasir yang putih bersih sehingga sering disebut juga Pulau Pasir Putih. Meski pulau ini tidak berpenghuni, sudah ada fasilitas yang disediakan pemerintah setempat seperti bangunan dan gazebo yang bisa kita pakai untuk meletakkan barang bawaan. Namun kita harus membawa bekal yang cukup karena tidak ada satupun penjual makanan atau menyewakan perlengkapan menyelam. Kita dapat menyelam sambil menikmati indahnya terumbu karang. Pemandangan sunrise dan sunset di sini juga tidak kalah indah, jadi sangat disayangkan jika Anda tidak menyempatkan diri ke pulau ini.

14. Anjoro Pitu
Anjoro Pitu merupakan sebutan sebuah tempat wisata di Sulawesi Barat yang artinya Kawasan Kelapa Tujuh. Tempat wisata berupa perbukitan ini sangat sering dikunjungi oleh wisatawan, karena dari tempat inilah kita bisa melihat pemandangan kota secara keseluruhan dari atas. Pemandangan kota akan lebih indah jika kita datang saat sore atau malam hari. Di atas Anjoro Batu kita akan menyaksikan pemadangan dari atas tebing, seperti hamparan laut lepas dan Pulau Karampuang.

15. Rawa Bangun
Rawa bangun merupakan tempat wisata yang sangat asri, dan dipenuhi oleh pepohonan dan berbagai jenis tanaman lainnya. Saat kita masuk ke dalam Rawa Bangun nuansa alamnya akan sangat terasa, sejuk, tenang dan benar-benar alami. Di dalam terdapat kolam renang yang airnya langsung dialirkan dari sungai (aliran sungai Biru), dengan dua pancuran yang tak pernah absen mengisi air kolam. Di dekat kolam renang terdapat 3 kolam ikan, dan kolam tersebut menampung kelebihan air yang meluap dari kolam renang, karena aliran air dari pancuran tidak pernah berhenti. Tentunya sangat menyegarkan bila kita mandi-mandi di sana. Selain itu terdapat gazebo di tengan kolam, yang sangat cocok digunakan untuk bersantai sambil menikmati suasana sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar