ut Akun Facebook Bakal Terkunci Jika Anda Tak Unggah Swafoto - Turi Production

Rabu, 29 November 2017

Akun Facebook Bakal Terkunci Jika Anda Tak Unggah Swafoto


Facebook bakal menghentikan Anda mengakses jaringan sosial kecuali jika Anda bersedia mengirimkan swafoto. Facebook telah memberi tahu pengguna bahwa mereka perlu mengajukan 'foto yang jelas' atau berisiko terkunci.

Perusahaan Zuckerberg menuntut swafoto sebagai bagian dari tes keamanan baru yang dirancang untuk membuktikan bahwa orang tersebut bukanlah 'bot', nama perangkat lunak yang dirancang untuk melakukan tugas secara online. 'Bot' telah berada dalam berita baru-baru ini karena mereka telah terbiasa menyebarkan berita palsu dan propaganda yang diduga telah berperan dalam pemilihan Donald Trump dan bahkan suara untuk Brexit.

Baru-baru ini disarankan agar Rusia menggunakan Facebook untuk mengganggu referendum. Facebook mengatakan kepada Wired bahwa sistem keamanan swafoto akan 'membantu kita menangkap aktivitas yang mencurigakan di berbagai titik interaksi di situs ini, termasuk membuat akun, mengirim permintaan pertemanan, menyiapkan pembayaran iklan, dan membuat atau mengedit iklan'.

Di Twitter, Facebookers mengatakan mereka menerima pesan yang berbunyi: "Silakan upload foto diri Anda yang dengan menunjukkan wajah Anda. Kami akan memeriksanya dan kemudian menghapusnya secara permanen dari server kami."

Facebook bukan satu-satunya perusahaan yang menggunakan gambar penggunanya untuk menjamin identitas mereka. Apple baru-baru ini memperkenalkan Face ID, sebuah sistem keamanan pintar yang digunakan untuk membuka kunci iPhone X, yang dilengkapi kamera depan yang mampu memindai kontur wajah seseorang.

Apple sangat sadar akan privasi penggunanya, sehingga data yang dikumpulkan selama pemindaian Face ID disimpan di 'lemari besi' di dalam setiap iPhone X dan tidak dapat ditransfer ke perangkat lain. Ini tidak disimpan di server pusat dan Apple tidak mengumpulkan gambar wajah pelanggannya.

Facebook, di sisi lain, secara eksplisit meminta untuk melihat gambar wajah Anda - dan meminta Anda mempercayainya untuk menghapus swafoto yang Anda kirimkan. Baru-baru ini, orang-orang khawatir tentang balas dendam terhadap pornografi untuk mengirimkan gambar bug atau gambar seks mereka jika mereka khawatir mitra mereka berencana untuk menerbitkannya di jaringan sosial.

Ketertarikan perusahaan terhadap citra penggunanya cenderung memicu kekhawatiran privasi di kalangan orang-orang yang khawatir bahwa Facebook ingin menghilangkan terlalu banyak informasi pribadi. Pada tahun 2011, seorang hakim memutuskan bahwa perangkat lunak pengenal wajahnya melanggar undang-undang Eropa karena secara efektif mengumpulkan data biometrik sensitif tanpa persetujuan pengguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar