ut OS Yang Cocok & Sering Digunakan Oleh Para Hacker - Turi Production

Minggu, 17 September 2017

OS Yang Cocok & Sering Digunakan Oleh Para Hacker

Sebelumnya kami dari team Technology Store mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, Minal aidzin walfaidzin mohon maaf lahir batin
Kali ini mimin akan share tentang OS yang biasa digunakan oleh para hacker
Cekidot

Apa itu OS?

Sistem Operasi (bahasa Inggris: Operating System) adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai jurik (daemon) untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.

OS yang seperti apa yang cocok untuk kegiatan hacking? Berikut beberapa OS yang sudah tidak asing bagi para Hacker: 

1. Kali Linux
Kali Linux merupakan sistem operasi Linux berbasi Debian yang didesain untuk . Sistem operasi ini dikembangkan oleh tim dari Offensive Security Ltd. Dimana tim tersebut adalah tim yang sama yang mengembangkan OS BackTrack yang sempat populer dikalangan Hacker.
Kali Linux memiliki banyak kelebihan diantaranya tools yang digunakan selalu diperbaharui. Kali Linux juga bisa dipelajari dengan mudah karena sudah banyak sekali blog serta situs yang membahas sistem operasi penerus BackTrack ini.

2. BackBox
Dinomor 2 ada BackBox Linux atau biasa disebut juga BackBox. Sistem operasi berbasis Ubuntu ini memiliki banyak sekali aplikasi-aplikasi penetrasi yang biasa digunakan untuk penetrasi kedalam sistem, komputer forensik, sniffing, eksploitasi dan masih banyak lagi.

3. Parrot Security Forensic OS
Selanjutnya ada Parrot-Sec OS. Sistem Operasi ini merupakan gabungan dari OS GNU/Linux berbasis Debian yang dikombinasikan dengan FrozenBox OS serta Kali Linux yang bertujuan untuk memberikan pengalaman terbaik saat melakukan penetrasi dan juga mengetes kemanan dalam suatu sistem. Parrot-Sec OS biasa digunakan pada para pakar keamanan IT.

Parrot Security juga memiliki tools yang cukup lengkap. Selain itu Parrot OS menggunakan tampilan desktop MATE sebagai tampilan defaultnya. Dengan banyaknya dukungan dikomunitas Parrot OS, tidak ada salahnya untuk menggunakan Sistem Operasi ini untuk testing keamanan sistem.

4. DEFT
Deft adalah sistem operasi derivatif dari Linux Ubuntu dimana didalamnya terdapat banyak sekali program-program untuk komputer forensik yang dibuat oleh berbagai macam kalangan individual, tim serta perusahaan keamanan IT.

5. Live Hacking OS
Live Hacking OS adalah sistem operasi Linux yang didalamnya terdapat berbagai macam program untuk testing keamanan suatu sistem. Live Hacking OS tidak perlu diinstall kedalam PC dan bisa dijalankan melalui media penyimpanan DVD. Dengan menggunakan tampilan User Interface dari GNOME, Live Hacking cukup mudah dipelajari. Sayangnya Live Hacking OS ini sudah tidak dikembangkan sejak pertengahan Mei 2011. Kalian yang ingin mencoba Live Hacking OS bisa mendownloadnya dibawah.

6. Samurai Web Security Framework
Samurai Web Security Framework adalah sebuah OS berbasis linux yang biasa digunakan untuk penetrasi kedalam keamanan web. Didalamnya banyak sekali aplikasi-aplikasi berbasis open-source yang bisa digunakan untuk mengecek keamanan suatu Web.

7. Pentoo
Pentoo adalah salah satu sistem operasi terbaik untuk hacker yang hanya berbentuk Live CD. Distro yang bisa dijalankan dengan live CD ini dibuat untuk pengujian keamanan dan didasarkan pada Gentoo. Distro linux ini disertai dengan tool untuk hacking seperti Backported WiFi stack, XFCE4 dan lain sebagainya. Kamu hanya perlu membuat USB bootable untuk menjalankan Pentoo dan tidak ada persyaratan khusus untuk menginstalnya.

8. NST
Network Security Toolkit (NST) adalah sistem operasi berbasis Fedora Core yang bisa digunakan untuk hacking atau pengujian keamanan dengan bentuk Live CD. Tinggal colok langsung bisa boot pada komputer kamu. Toolkit ini dirancang untuk memberikan akses mudah ke best-of-breed open source aplikasi-aplikasi keamanan jaringan dan harus dijalankan pada platform x86. Tujuan pengembangan toolkit ini adalah untuk memberikan Network Security Administrator dengan seperangkat tool open source keamanan jaringan.

9. Arch Linux
Arch Linux adalah distribusi Linux untuk komputer berbasis IA-32 dan arsitekstur x86-64. Sistem operasi ini open source dan terdapat free software yang didukung pula oleh komunitas. Arch Linux ini adalah salah satu OS atau bahkan satu-satunya OS yang memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk memodifikasi secara bebas tentang OS yang akan digunakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar