ut Ciri-Ciri Radang Tenggorokan yang Mudah Ditemukan - Turi Production

Sabtu, 23 September 2017

Ciri-Ciri Radang Tenggorokan yang Mudah Ditemukan


Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab radang tenggorokan. Yang paling sering adalah karena adanya infeksi mikroorganisme berupa bakteri atau virus. Bakteri yang sering menyebabkan radang tenggorokan yaitu streptococcus, arcanobacterium haemolyticum, bordetella pertusis, dan corynebacterium diphteriae. Sedangkan dari kelompok virus yang dapat menjadi penyebab radang tenggorokan adalah influenza, mononucleosis, apthous stomatitis, virus croup, dan campak. Selain karena infeksi mikroorganisme ada berbagai faktor yang dapat memicu terjadinya radang tenggorokan. Faktor tersebut antara lain yaitu karena alergi, iritasi akibat paparan zat-zat kimia, dehidrasi, adanya tumor/kanker, merokok, dan polusi udara.

Beberapa Ciri-Ciri Radang Tenggorokan yang Mudah Ditemukan

Radang tenggorokan biasanya terjadi pada saat daya tahan tubuh sedang menurun. Di tambah lagi dengan kondisi lingkungan yang kurang bersahabat, misalnya pada waktu suhu terlalu dingin, terlalu panas, atau ketika terjadi perubahan musim (pancaroba). Kurangnya kebersihan personal juga dapat memudahkan terjadinya penularan penyakit radang tenggorokan. Anda sebaiknya mengenali ciri-ciri radang tenggorokan berikut ini supaya dapat dilakukan penanganan sejak dini. Ciri-ciri tersebut antara lain:

Tenggorokan gatal, kering, atau nyeri
Ciri-ciri radang tenggorokan yang pertama kali dirasakan pada umumnya penderitanya akan merasakan rasa tidak nyaman di tenggorokan, seperti rasa gatal di tenggorokan, terasa kering, atau nyeri. Jika daya tahan tubuh seseorang dalam kondisi yang sangat baik, biasanya gejala ini dapat sembuh dengan sendirinya setelah orang tersebut beristirahat. Tetapi saat daya tahan tubuh seseorang sedang turun maka kondisinya akan bertambah buruk sehingga akan timbul gejala-gejala lain yang mengikutinya.

Oleh karena itu jika Anda merasakan ciri-ciri tersebut sebaiknya segera melakukan langkah untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda, antara lain yaitu dengan memperbanyak minum air putih hangat, konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, dan beristirahat yang cukup.

Rasa sakit saat menelan
Selain adanya rasa tidak nyaman di tenggorokan biasanya penderita juga akan merasakan ciri-ciri radang tenggorokan berupa rasa sakit saat menelan. Bahkan ketika menelan ludah pun sakit pun sudah dapat terasa, apalagi untuk menelan makanan. Sehingga jika sudah mengalami rasa sakit saat menelan, maka penderita radang tenggorokan juga akan mengalami penurunan nafsu makan. Dengan menurunnya nafsu makan maka akan menurunkan asupan nutrisi ke dalam tubuh yang dapat menjadikan radang tenggorokan yang diderita semakin parah. Jadi usahakan tetap mengkonsumsi makanan tetapi dalam bentuk yang lebih halus agar dapat melewati tenggorokan tanpa menimbulkan nyeri yang berlebihan.

Batuk dan pilek
Ciri-ciri radang tenggorokan yang berikutnya yaitu batuk dan pilek. Kondisi batuk dan pilek seringkali menyertai terjadinya radang tenggorokan. Terlebih lagi jika di dukung dengan kondisi cuaca yang ekstrim. Tentunya hal ini akan membuat radang tenggorokan yang Anda alami semakin menyiksa, karena selain merasakan tenggorokan yang sakit juga harus mengalami batuk dan pilek yang sering kali berlangsung cukup lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar