ut Jaringan Dasar Yg Wajid Diketahui Calon Hacker - Turi Production

Jumat, 28 Juli 2017

Jaringan Dasar Yg Wajid Diketahui Calon Hacker

Indomesa -- Mungkin diantara kalian pernah ada yg berpikir, bagaimana hacker bisa lihai mengotak-atik sebuah jaringan, atau bagaimana hacker bisa memasuki sebuah web khusus yg diperlukan otentifikasi tanpa diketahui dimana ia berada.

semua itu dapat dilakukan karena para hacker sudah mengerti dengan sangat seluk beluk jaringan,membedakan jenis ip,menghapus ip,bahkan mewakilkan ip

Berikut Ini penjelasan yg wajib kalian ketahui!!

1. Mengerti Ip adders
IP address yang biasa digunakan umumnya terbagi menjadi tiga kelas, yaitu:
Kelas A:1.0.0.0 –126.255.255.255
Kelas B:128.0.0.0 –191.255.255.255
Kelas C:192.0.0.0 –223.255.255.255
IP address yang banyak dipakai saat ini adalah versi 4. meskipun bisa menghasilkan milyaran angka ternyata jumlah IP Address tersebut terbatas dan dianggap kurang jika dibandingkan dengan jumlah manusia saat ini. Oleh karenanya sistem membuat agar ada IP Address yang bisa diulang dan diulang lagi pada jaringan lokal masing-masing tempat. IP Address tersebut disebut IP lokal. tentu saja IP Address tersebut tidak dapat di gunakan sebagai identitas di Internet. tujuan pembuatan ip lokal adalah agar kebutuhan ip address disemua perangkat terpenuhi. Lalu bagaimana caranya agar jaringan lokal tadi bisa terhubung ke internet ? Untuk dapat berkomunikasi ke Internet ip lokal tadi harus dirubah kedalam bentuk IP Public menggunakan bantuan perangkat NAT .

Baca Juga:
- HIDE IP Agar Anda Tidak Ditangkap Polisi ? TIDAK SAMA SEKALI !

2. Belajar NAT
NAT atau Network Address Translation adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk membuat IP lokal anda menjadi diwakili oleh satu IP Address yang lain.Dalam networking fungsi NAT digunakan agar jaringan lokal kita terhubung dengan jaringan internet. Nat ini merupakan salah satu fitur didalam router.
Misal di sebuah kantor A (ip public 36.66.228.222) anda memakai komputer dengan ip lokal 192.168.1.19 untuk browsing, maka ip address anda dan teman teman satu kantor anda yang terdeteksi di internet adalah ip public kantor anda yaitu 36.66.228.222 . Dengan kata lain di Internet ip lokal tersebut diwakilkan oleh IP Public.lalu bagaimana caranya agar koneksi dari luar bisa di arahkan ke salah satu komputer kita yang menggunakan IP Lokal ?hal ini sering ditanyakan oleh calon hacker yang mencoba metasploit dan tool-tool pentest lainnya.
Jawabnya, NAT dapat pula ditugaskan untuk menangani hal tersebut. misalnya dengan melakukan port forwarding akan membuat koneksi dari luar yang mengakses ke ip publik akan diteruskan ke ip lokal yang anda tentukan beserta dengan portnya.

3.PORT
Kita sudah mengetahui fungsi dari IP Address yaitu sebagai identitas perangkat. nah port adalah turunan dari identitas perangkat itu yang biasanya mewakili service-service yang ada di perangkat tersebut.
port di tulis dibelakang ip address dan dipisahkan tanda “titik dua” seperti ini,192.168.1.5:5900, dimana 5900 adalah port dari service VNCSERVER.

4.DHCP
Dynamic Host Configuration Protocol adalah protokol yang berfungsi untuk membagikan atau meminjamkan alamat IP Address secara otomatis kepada client komputer yang terhubung.Jika jaringan kita tidak memiliki DHCP Server maka dibutuhkan settingan manual pada tiap-tiap komputer yang ada di jaringan tersebut.
Dengan menggunakan server dhcp maka alamat ip yang akan di bagikan akan dinamis atau berubah-ubah sesuai range yang di atur sang administrator, mekanisme inilah yang diterapkan pada pembagian IP Jaringan Seluler atau ISP (Internet Service Provider) yang tidak memberikan fitur ip public statis seperti speedy, indihome dsb.

Baca Juga:

Jadi pada umumnya ip public yang didapatkan dari ISP akan berubah ubah atau tidak tetap.sedangkan anda membutuhkan ip public statis untuk menjadi server di internet.
Contoh kasus :Dengan tipu daya psikologi yang anda miliki anda berhasil membujuk agar teman anda menginstall aplikasi android yang sejatinya mengandung backdoor. Pada backdoor tersebut telah anda setting LHOST sesuai IP PUBLIC anda.(anda bisa mengecek ip public diwhatismyip)Maka mungkin anda berhasil mengeksploitasi target untuk sementara waktu, tetapi pada kesempatan berikutnya ternyata IP PUBLIK anda berubah karena IP tersebut merupakan IP Public yang Dinamis. Otomatis backdoor yang tertanam menjadi tidak berguna karena konfigurasinya menuju IP yang sudah berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar