ut APA ITU METASPLOIT? - Turi Production

Rabu, 12 Juli 2017

APA ITU METASPLOIT?

Jangan ngaku hacker kalau belum mengerti metasploit

Metasploit merupakan sofware security yang sering digunakan untuk menguji coba ketahanan suatu sistem dengan cara mengeksploitasi kelemahan software suatu sistem.

Metasploit diciptakan oleh HD Moore pada tahun 2003 sebagai sebuah alat jaringan portabel menggunakan bahasa scripting Perl. Kemudian, Metasploit Framework benar-benar ditulis ulang dalam bahasa pemrograman Ruby. Pada tanggal 21 Oktober 2009, Proyek Metasploit mengumumkan yangtelah diakuisisi oleh Rapid7, sebuah perusahaan keamanan yang menyediakan solusi kerentanan manajemen terpadu.

Metasploit dapat digunakan untuk menguji kerentanan sistem komputer untuk melindungi mereka atau untuk masuk ke sistem remote. Seperti alat-alat keamanan yang banyak informasi, Metasploit dapat digunakan untuk kegiatan baik yang ilegal dan tidak ilegal. Sejak akuisisi dari Metasploit Framework.

Metasploit Berguna untuk menyerang application layer dengan 0 day attack yang merupakan metode penyerangan pada software yang belum di patch. Metasploit biasa dikaitkan dengan istilah remote exploitation, maksudnya penyerang berada pada jarak jangkauan yang jauh dapat mengendalikan komputer korban.

Metasploit menyerang dengan cara mengirimkan exploit pada komputer korban. Exploit ini berisi payload yang sudah ditentukan oleh penyerang. Exploit adalah software yang berfungsi untuk memanfaatkan kelemahan pada software korban(misal web browser), setelah berhasil mengeksploitasinya exploit tersebut memasukkan payload ke dalam memori korban.

Payload merupakan sebuah executable milik penyerang yang akan di run pada komputer korban dengan tujuan dapat mengendalikan komputer tersebut secara remote atau memasang backdoor, trojan, virus, worm, dan lain-lain.

Terlepas dari penggunaan metasploit yang disalah gunakan untuk kejahatan, software ini juga membantu System Security untuk memperkuat pertahanan jaringannya dari ulah penyerang dari luar.

Jadi intinya metasploit ini gerbang utama dalam hal exploit sistem,jika kita memahami cara penggunaannya maka kita dapat dengan mudah melakukan beberapa penyerangan ke sistem-sistem orang

Baca Juga:
- Pengguna Komputer Kembali Dihebohkan Virus Ransonware Petya 
- Trik Mengatasi Internet Smartphone Yang Lemot  
- Malware Ini Telah Infeksi 36 Juta Perangkat Android 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar