ut Penuhi kebutuhan cairan tubuh saat sahur - Turi Production

Rabu, 28 Juni 2017

Penuhi kebutuhan cairan tubuh saat sahur


Indomesa -- Asupan utama yang saat sahur adalah cairan. Cairan ini dapat berupa air putih yang memang sangat penting dalam proses metabolisme tubuh. Ketika tidur, tubuh akan kehilangan kurang lebih 1 hingga 2 kilogram air, untuk itu, tips memulai dan mengakhiri santap sahur dengan banyak minum adalah cara yang tepat.

Pilih menu makan sahur yang bernutrisi
Tidak boleh asal makan enak dan kenyang saja. Makan sahur harus memperhatikan kandungan nutrisi dan gizinya. Dengan demikian, kondisi tubuh selama menjalani ibadah puasa tetap fit. Untuk itu, saat sahur sebaiknya menyatap menu dengan komposisi gizi lengkap yang terdiri dari karbohidrat kompleks, serat, dan lemak sehat.

Konsumsi makanan dengan pemanis alami saat berbuka
Berbukalah dengan yang manis. Khusus saat berbuka, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyantap kudapan manis. Rasa manis berfungsi untuk mengembalikan energi tubuh dengan cepat. Namun, pastikan bahwa makanan manis yang Anda santap merupakan pemanis alami.

Hindari bahan pemanis buatan dalam menu berbuka. Misalnya, jika Anda ingin menyantap jus buah atau smoothies, pastikan kudapan itu bebas dari gula pasir atau pemanis buatan.

Jangan makan berlebihan
Satu hal penting yang harus diingat saat berbuka puasa adalah mengendalikan diri agar tidak makan berlebihan. Makan lezat yang berlebihan saat buka puasa berpotensi mengakibatkan lonjakan gula darah dan kolesterol.

Berlebihan saat berbuka juga tidak baik untuk perut. Untuk itu, kontrol diri saat berbuka puasa menjadi hal yang wajib Anda lakukan.

Hindari makanan-makanan yang digoreng
Baik saat sahur dan berbuka puasa sebaiknya hindari makanan-makanan yang digoreng. Pasalnya selain tinggi kandungan lemak jahat, makanan-makanan yang digoreng juga mengakibatkan 20 persen penurunan ikatan oksigen dalam tubuh yang bisa berakibat berbahaya.

Konsumsi buah dan sayuran agar kondisi tubuh tetap bugar
Agar tetap segar dan bugar selama puasa, menyantap buah dan sayuran adalah wajib hukumnya. Buah dan sayuran menjadi sumber aneka vitamin, serat, dan mineral yang baik bagi tubuh. Asupan-asupan makan enak inilah yang akan membantu menjaga kondisi tubuh agar tidak lemas atau loyo selama menjalankan ibadah puasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar