ut Pengguna Komputer Kembali Dihebohkan Virus Ransonware Petya - Turi Production

Kamis, 29 Juni 2017

Pengguna Komputer Kembali Dihebohkan Virus Ransonware Petya

Indomesa -- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memperingatkan masyarakat, saat ini sedang terjadi serangan virus skala global bernama "ransomware petya".

Penularan virus ini diketahui melalui penyebaran file atachment email dan link ke situs malware.

Serangan virus komputer baru ini menyebabkan tidak beroperasinya komputer di operator pelabuhan milik Maersk, serta menyerang komputer di pabrik cokelat di Australia dan perusahaan oroperti milik bank Perancis BNP Paribas.

Baca Juga:
- Malware Ini Telah Infeksi 36 Juta Perangkat Android
- Asal Mula Wannacry dan Negara Yang Paling Banyak Terkena Serangan


Perusahaan minyak terbesar Rusia, bank-bank di Ukraina serta firma multinasional sebelumnya terkena serangan virus ini pada Selasa waktu setempat. Serangan ini memperlihatkan betapa agresifnya para peretas atau hacker, dan bahwa setiap bisnis di dunia harus mengamankan jaringan komputernya.

Serangan virus komputer baru merupakan varian baru dari virus ransomware yang dinamakan Petya. Ransomware Petya ini meminjam sejumlah fitur kunci Ransomware WannaCry yang menyerang bulan lalu.

ESET, vendor antivirus yang berbasis di Bratislava, mengatakan 80 persen infeksi virus menyerang bisnis di Ukraina. Sementara Italia jadi negara kedua yang paling parah terkena serangan, sebanyak 10 persen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar